Full Review ASUS ZenPower Power Bank 9600mAh

ZenPower dari ASUS, power bank terbaik untuk smartphone android - Setelah beberapa hari kemarin absen update artikel karena ada beberapa urusan diluar kota yang harus saya selesaikan. Nah untuk sobat yang sedang mencari PowerBank apa yang cocok untuk smartphone kesayangannya, maka tidak salah kalo sobat mampir ke umahdriod. Singkat cerita, tempo hari saya pulang dari Solo dan sampai di Jogja. Iseng-iseng saya cari Power Bank, karena saya pikir sudah cukup membutuhkan untuk mobilitas. Kemudian sayapun mencoba browsing tempat-tempat di kota Pelajar ini yang menjual ZenPower dari ASUS ini hingga menemukan hasil yang sekiranya pas, pastinya dengan harga yang cocok. Dan akhirnya ketemu di salah satu toko komputer di daerah Jl. Simanjuntak. Sobat yang paham dengan kota Yogyakarta pasti tahu dengan toko yang sudah punya nama ini.
Full Review ZenPower ASUS Power Bank
ASUS ZenPower

Sebetulnya saya juga melirik merk sebelah "Xiaomi" namun karena satu keluarga banyak yang pakai Zenfone jadi saya putuskan untuk membeli ZenPower. Faktor lain yang membuat saya enggan membeli Power Bank Xiaomi karena keasliannya yang sudah dimainkan oleh penjual-penjual nakal. Baca Cara Mudah Memberdakan Power Bank Xiaomi Asli / Original dan Palsu

Setelah masuk, lihat barangnya, ternyata stock yang tersedia hanya 2 warna: pink dan silver. Masing-masing dengan kapasitas 9600mAh. "Warna mah cuma fisik, yang penting dalemannya" pikir saya. Jadi tidak butuh berfikir panjang, saya putuskan untuk membeli ZenPower (warna silver) dengan tebusan mahar a.k.a harga Rp.225.000.

Baik kita mulai saja ulasan fitur sampai performa ASUS ZenPower.

1. Box dan Unboxing ASUS ZenPower

Dilihat dari box sangat bagus. Ukurannya yang memang kecil, tentunya tidak memakan banyak tempat yang imbasnya memudahkan kita untuk membawaya di dalam saku, dompet (belanja perempuan). Pada box bagian depan box terpampang logo ASUS di pojok kiri atas, gambar dari ZenPower, di ikuti dengan ukuran andalan yang ASUS ciptakan "Credit Card Size 9600mAh".

Tanya gan, "Isinya yang di dalem box apa aja gan Tiwo?". Nah berikut adalah paket yang ada di dalam ZenPower :
unboxing asus zenpower asus power bank
Unboxing ASUS ZenPower

Sobat bisa lihat pada gambar/foto diatas, dalam paket penjualan yang disematkan pada box adalah 1 Unit Power Bank ASUS ZenPower, 1 buah kabel data, kartu garansi dan manual book dengan pilihan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

2. Body Design

Power Bank ZenPower ini didesain oleh pihak ASUS dengan sangat baik. Ukurannya yang kecil, hanya sebesar credit card tepatnya 90.5mm untuk panjang, 59mm untuk lebar, 22mm untuk ketebalan dan berat 215g membuat PB yang diusung oleh perusahaan asal Taiwan ini mudah diletakan dan disimpan dalam saku, tas, dan sebagainya untuk dibawa kemana sobat suka. Lihat gambar yang saya ambil bersandingan dengan korek api dibawah ini :
ukuran dan desain asus zenpower
Ukuran / Size Body ASUS ZenPower

Jika lihat pada bentuknya saya kira memiliki kemiripan dengan power bank milik Xiaomi, simple namun elegan. Dari bodi luar dilapisi dengan material logam aluminium merberi kesan gagah dan stylish. Terebih lagi pada bagian sudut dibuat membulat semakin membuat penggunanya nyaman saat digenggam.
bentuk power bank asus zenpower
Bentuk Desain ASUS ZenPower

Untuk kabel USB bawaan dari paket penjualan, ukurannya tidak terlalu panjang. Namun kekurangan ini sudah ditutupi dengan bentuknya yang kecil dan melengkung pada bagian sisi seperti yang saya katakan di atas.

3. Spesifikasi dan Features

3.1 Spesifikasi Power Bank ASUS ZenPower

Nah dibawah ini adalah spesifikasi dari ZenPower milik ASUS Power Bank :
Cell Type : Lithium-Ion
Kapasitas : DC 3.6V/10,050 mAh (36Wh)
Weight : 215 gram
Dimensi : 90.5 x 59 x 22 mm
Input : DC 5.0V, 2.0 A (max)
Output : DC 5.1V, 2.4 A (max)

3.2 Features Power Bank ASUS ZenPower

Untuk feature, ASUS tampaknya tidak main-main dengan produk yang mereka keluarkan. Mereka menyematkan teknologi untuk keamanan pengguna. Didukung dengan 11 teknologi PowerSafe untuk memonitor suhu, menjaga tegangan input dan output, mencegah terputusnya koneksi secara mendadak, serta mencegah waktu charge batterai yang berlebihan. Beberapa teknologi yang disematkan dalam Power Bank ini antara lain :
  • Temperature Protection : Memonitor dan menjaga agar suhu baterai lithium agar tetap berada dalam kisaran suhu yang aman.
  • Short Circuit Protection : Ketika ZenPower mendeteksi ada konsleting, maka Power Bank ASUS ini akan mati secara otomatis.
  • Reset Protection : Tombol power yang didesain guna melakukan reset ZenPower untuk digunakan kembali pada saat ZenPower bermasalah.
  • Input Over Voltage Protection : ZenPower dapat mendeteksi tegangan input. Apabila tegangan input melebihi batas atas daya output, maka akan secara otomati mati. Hal ini akan melindungi kedua perangkat, baik dari HH ataupun Power Bank itu sendiri.
  • Output Over Protection : Pendeteksi tegangan arus listrik ZenPower dapat mencegah kerusakan pada gadget dari segala jenis tegangan output yang tidak normal.
  • Input Reverse Direction Protection : Ketika kabel charge terhubung ke input & output secara bersamaan, ZenPower akan mematikan daya dan menunjukan lampu peringatan untuk memastika keselamatan user. 
  • Over Charge / Over Discharge Protection : Agar ZenPower memiliki daya yang tahan lebih lama, ZenPower menyesuaikan pemakaian charge sesuai kebutuhan gadget sobat. 
  • Cell PTC Protection : dengan pendeteksi instan suhu baterai, ZenPower akan mengehentikan daya yang kelluar jika suhu terlalu panas. 
  • Output Over Current Protection : Untuk menjaga keamanan gadget sobat, ZenPower akan menghentikan arus listrik output yang tidak normal. 
  • Adapter Protection : ASUS PowerSafe Technologi memastikan kabel charge sobat berada pada suhu aman dan tidak terlalu panas. 
  • JEITA / Temperature Protection : ASUS ZenPower memiliki teknologi pintar yang akan memonitoring perubahan suhu dan menyesuaikan secara otomatis dengan arus listrik pegisian, memberikan keamanan lebih tinggi.

4. Performa ASUS ZenPower

Ketika pertama kali membuka kemasan, ZenPower meyimpan sekita 50% dari kapasitas maksimum yang bisa ditampung. Hal ini bisa dilihat pada 4 buah lampu indikator yang dimiliki oleh PB ini. Lampu indikator ini merupakan lampu yang digunakan untuk mengetahui sisa daya yang tersimpan.
fitur asus zenpower
Lampu LED Indikator ASUS ZenPower

Sebelum digunakan, saya coba melakukan pengecasan ZenPower dengan kondisi diatas. Hasil yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari 50% hingga terisi penuh sekitar 4jam lebih. Memang cukup lama, namun performa yang didapatkan setelah pengisian sungguh memuaskan. Untuk mengisi Zenfone 5 yang notabennya menggunakan batterai berkapasitas 2110 mAh dari 10% hingga 100% membutuhkan waktu 3jam dengan kondisi HH digunakan dan yang paling saya suka minim dengan suhu panas.

5. Kesimpulan

Walaupun harga ZenPower ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, namun produk ini sangat jauh dari kesan murahan. Salah satu hal yang membuat saya sreg adalah teknologi yang sudah dibahas diatas "ASUS PowerSafe" yang sangat berguna untuk devices saat charging dengan Power Bank ASUS ini tidak terlalu menimbulkan suhu yang tinggi. Maka hal ini secara otomatis berimbas pada keawetan atau daya tahan perangkat baik dari batterai, ataupun komponen dari smartphone itu sendiri. Dari semua aspek mulai dari bodi desain, daya, harga, fitur dan performa maka ZenPower adalah salah satu merk power bank terbaik dengan harga murah, berkualitas dan sangat layak sobat gunakan untuk menunjang aktifitas, mobilitas sobat.

Yang penting penting dalam memeilih Power Bank adalah tentang real kapasitas, fitur, keamanan yang dimiliki, dan pastinya harga dari power bank itu sendiri. Sebelumnya juga sudah pernah saya post tentang tips-tips apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli sebuah Power Bank. Pastikan sobat melakukan googling dulu mencari referensi untuk bekal nanti. Kecuali jika sobat ingin beli power bank online. Baca Tips Memilih Power Bank Bagus dan Berkualitas.

Walaupun demikian sobat harus mandiri tetap menjaga kodisi gadget kesayangan, karena bagaimanapun kondisi yang paling baik saat melakukan charging adalah saat posisi smartphone dalam keadaan mati. Baca Tips Merawat Batterai Smartphone Android Agar Tetap Awet.

Agar lebih mudah mendapat pembaharuan dan update artikel terbaru seputar dunia teknologi khusunya android, silahkan sobat like FP Umahdroid yang sudah tersedia di side bar blog atau bisa klik tautan berikut https://www.facebook.com/umahdroid.

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Full Review ZenPower ASUS Power Bank untuk referensi sobat memilih Power Bank yang bagus dan berkualitas. Semoga sobat menikmati saat membaca artikel yang saya post seperti saya menikmati menulisnya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar untuk support blog ini agar terus menulis artikel tentang seputar dunia teknologi khususnya smartphone android. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Archive