Tips memilih peluru/ mimis/ pellet senapan angin


Memilih mimis untuk senapan angin bukanlah tugas yang mudah, banyak faktor yang menentukan kualitas atau efektifitas suatu mimis seperti tujuan, bentuk, berat dan lain lain yang akan menentukan kualitas tembakan anda. Jika faktor faktor tersebut digabungkan, anda dapat mengetahui pilihan mimis yang cocok untuk anda dan senapan anda. Dalam artikel kali ini, outdoor nusantara akan berbagi rahasia dalam memilih mimis untuk senapan angin.



5 faktor utama dalam pemilihan peluru senapan angin:




1. Tujuan


Apa yang akan anda tembak? Apakah anda akan berburu? Memberantas hama? Atau berlomba menembak target? Masing masing tujuan tersebut memiliki pertimbangan yang cukup kompleks dalam memilih peluru senapan yang efektif. Tujuan ini berkaitan dengan bentuk, daya hancur dan berat mimis yang akan dibahas selanjutnya. 





2. Bentuk peluru


Mimis memiliki banyak bentuk yang berbeda, masing masing bentuk memiliki fungsi yang berbeda pula



A. Dome (round / berkepala bulat)

Mimis jenis ini digunakan untuk menembak dengan jarak yang jauh karena bentuknya aerodinamis dan beratnya memungkinkan untuk menempih jarak jauh, dengan daya rusak kurang dan akurasi baik. Cocok digunakan untuk berburu di tempat luas seperti sawah ataupun ketika target sulit didekati seperti garangan. Dome memang merupakan mimis favorit karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dengan akurasi dan jarak tembak yang bagus. 







B. Match (wadcutter)

Mimis dengan kepala datar ini biasanya digunakan untuk lomba menembak target karena daya rusak minimal, dan kerusakan yang dihasilkan rapi (bulat sempurna) sehingga memudahkan penilaian. Mimis Match memiliki jarak tembak pendek karena bentuknya yang cenderung tidak aerodinamis bahkan cenderung melawan angin. Oleh karena itu, mimis jenis ini jarang digunakan untuk berburu meski akurasinya lumayan karena kelebihan mimis ini hanya terdapat pada kerapihan kerusakan pada target.






C. Hollow point (kepala berlubang)

Mimis dengan daya rusak terkuat dan cenderung "menghancurkan". Disebabkan oleh lubang pada ujung mimisnya yang akan merobek daging, sangat cocok digunakan untuk memberantas hama kecil seperti tikus maupun burung kecil karena akan langsung menbunuh target tanpa memberi kesempatan pada target untuk hidup semenitpun, sehingga target yang ditembak tidak akan lari dan mati di tempat yang sulit dijangkau. Sayangnya, mimis jenis ini memiliki jarak tembak pendek karena bentuknya yang tidak aerodinamis, penetrasi dari mimis hollow point pun tidak begitu dalam meskipun menghancurkan sehingga kurang cocok digunakan pada medium ataupun big game. 



D. Pointed / sharp (tajam)

Bentuknya yang tajam menjadikan pelet pointed yang terbaik dalam melakukan penetrasi, pellet jenis ini dengan mudah menembus organ tubuh hingga tulang sehingga daya rusaknya cukup kuat. Meskipun bentuknya paling aerodinamis, pellet jenis ini tidak memiliki jarak tempuh yang lebih jauh atau menyamai jenis dome, mengapa? Karena bentuknya yang membutuhkan sedikit bahan timah sehingga beratnya kurang mendukung untuk digunakan pada senapan bertenaga kuat ataupun melawan angin.





3. Berat mimis


Berat mimis mempengaruhi jarak tempuh dan daya rusak. Namun berat peluru harus diseimbangkan dengan kekuatan dari senapan yang anda miliki, jika senapan berkekuatan lemah menembakan mimis berat, mimis akan kalah oleh gravitasi dan turun lebih cepat sehingga jarak tembak pendek. Sebaliknya jika senapan bertenaga kuat menembak mimis yang ringan, kekuatan senapan yang berlebihan akan membuat mimis tidak stabil dan "terombang ambing". Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi angin, mimis berat akan lebih kuat melawan angin, mimis ringan akan kalah melawan angin. 



4. Laras berkualitas 


Sebagus bagusnya mimis yang anda miliki, meskipun memiliki tingkat akurasi 99% tepat sasaran akan percuma jika kualitas laras senapan anda buruk. Gunakanlah laras yang berkualitas tinggi, meskipun harganya mahal, manfaat yang anda terima akan sangat besar. Panjang laras juga mempengaruhi mempengaruhi mimis anda, semakin panjang maka semakin akurat namun semakin lemah, semakin pendek laras anda maka semakin kuat namun semakin tidak akurat.



5. Harga mimis


Faktor terakhir yang harus anda pertimbangkan dalam memilih mimis adalah harga. Mimis import yang mahal tentu memiliki kualitas yang baik, namun bukan berarti mimis lokal memiliki kualitas yang buruk. Banyak merk merk mimis lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan mimis import, namun memang sulit mencarinya. Hubungkan kualitas mimis dengan tujuan menembak anda, jika anda ingin berlomba, berburu big game ataupun melakukan cek kualitas laras dan teleskop, ada baiknya anda menggunakan mimis dengan kualitas yang baik, mimis import misalnya. Namun jika anda hanya ingin memberantas hama, tentu anda tidak ingin membuang mimis mahal anda yang berharga hanya untuk berburu tikus bukan? 




Archive