5 tips dan cara memancing ikan betok/betik/pepuyu


Ikan betok biasa disebut juga sebagai ikan betik, puyu, pepuyu ataupun climbing perch. Ia memiliki duri yang tajam dan sisik yang keras, ukurannya dapat mencapai setelapak tangan orang dewasa. Ikan betok memang jarang dijadikan target utama dalam memancing karena ukurannya memang tidak terlalu besar, namun sebenarnya ikan betok memiliki kelebihan untuk dijadikan target, yaitu karena ia merupakan ikan predator alias pemangsa yang cukup rakus sehingga banyak teknik memancing maupun pilihan umpan yang dapat anda gunakan untuk memancing ikan ini. Dalam memancing ikan betok dibutuhkan keterampilan dalam mengetahui lokasi ikan, mengetahui umpan yang digunakan maupun teknik memancing yang digunakan. Berikut tipsnya:

1. Teknik memancing

Seperti yang telah kami sebutkan diawal, ikan betok adalah ikan yang cukup rakus dan mudah ditipu bahkan anda dapat menggunakan umpan artifisial alias umpan buatan sehingga teknik yang dapat anda gunakan variatif.

A. Teknik memancing secara umum
Menggunakan live bait (umpan hidup) dan menggunakan pelampung mungkin menjadi teknik yang
paling efektif dalam memancing ikan betok, tegek (pole rod) merupakan salah satu pilihan utama yang paling efektif. Teknik mancing dasar menggunakan reel juga dapat digunakan namun tidak disarankan karena ikan betok menyukai perairan pinggiran yang dangkal.



B. Teknik umpan artifisial (umpan buatan)
Teknik umpan artifisial yang paling efektif digunakan untuk memancing ikan betok adalah fly fishing, yaitu menggunakan umpan yang terbuat dari bahan bahan ringan seperti bulu, benang dan lain lain
untuk meniru binatang tertentu seperti serangga dan ikan kecil. Fly fishing menjadi teknik artifisial yang paling efektif bagi ikan betok karena menggunakan umpan dengan ukuran kecil, mengingat ikan betok bukanlah ikan yang besar pula. Jika anda memang mengincar pengalaman menggunakan teknik memancing yang lain, teknik ini dianjurkan untuk digunakan dan memang terbukti efektif, namun jika anda ingin mendapatkan ikan yang banyak, dianjurkan penggunaan teknik konvensional.

2. Peralatan memancing

Menentukan peralatan memancing perlu disesuaikan dengan teknik yang akan anda gunakan, untuk teknik konvensional, joran yang paling efektif adalah tegek, dengan pelampung bulat dan tali atau
kenur kecil. Kail yang digunakan untuk ikan betok dapat berukuran kecil (8-16).

3. Umpan

Ikan betok memang ikan yang rakus dan pemakan segala, namun perlu diingat bahwa ikan betok
adalah ikan predator, tepatnya insektivor karena ikan betok sangat menyukai serangga, umpan yang paling tepat digunakan untuk memancing ikan betok adalah jangkrik, ulat pisang, ulat bambu, belatung, belalang dan cacing. Penulis biasa menggunakan ulat pisang untuk memancing ikan betok, namun sebenarnya umpan lain juga tidak kalah efektif, gunakanlah umpan yang mudah anda dapatkan.

4. Lokasi

Lokasi sangat menentukan keberhasilan anda dalam memancing ikan betok karena ikan betok menyukai lokasi unik yaitu dipinggir perairan yang dangkal, alasannya? Agar ia mudah mendapatkan serangga yang tidak beruntung jatuh ke perairan. Ikan betok juga sangat menyukai
pinggiran yang penuh dengan tanaman karena disitulah para serangga berkumpul, oleh karena itu, penggunaan tegek pendek yang agak keras merupakan pilihan efektif karena anda bisa "menyelipkan" umpan diantara tanaman yang menghambat.

5. Tips memancing

 Perlu diingat bahwa ikan betok adalah ikan penyendiri, sehingga satu lokasi biasanya hanya dihuni oleh satu sampai dua ikan, oleh karena itu sebaiknya anda terus berpindah pindah setelah mendapatkan ikan dari satu lokasi. Cara makan ikan betok cukup unik, berbeda dengan ikan lain seperti ikan mujair, ikan betok tidak pernah ragu dalam memasukkan sesuatu kedalam mulutnya, ia
akan langsung memakan mangsanya secara utuh dan tidak akan lari, ia hanya akan bergerak santai kesana kemari sehingga seringkali pelampung tidak menunjukkan pergerakan yang signifikan. Biasanya pelampung hanya akan bergerak dalam radius 5-30cm ataupun tenggelam secara pelan pelan, terkadang hanya tenggelam sedikit. Ketika pelampung bergerak terus menerus tidak berhenti ataupun tenggelam dan tidak kembali, anda harus menghentak joran anda, bisa dijamin ikan betok sudah menggantung di ujung senar anda. Ikan betok adalah ikan yang memiliki ukuran mulut yang besar, jika anda ragu dan membiarkan umpan anda dimakan dalam waktu yang lama, bisa dijamin meski ikan betok tetap anda dapatkan, kail anda akan ditelan cukup dalam kedalam perut ikan sehingga anda terpaksa memotong tali ataupun membedah ikan tersebut.

Archive