Enam Fitur Unik Smartphone di Masa Depan

Enam Fitur Unik Smartphone di Masa Depan


CALIFORNIA – Teknologi jenis baru yang akan hadir di masa depan masih menjadi misteri hingga saat ini. Namun, kebutuhan untuk menjual smartphone kepada orang-orang mendorong produsen untuk menciptakan hal-hal baru.
Dilansir laman Digital Spy, Selasa (16/6/2015), berikut Okezone berikan enam fitur futuristik yang akan dimiliki smartphone di masa depan.


Sensor sidik jari yang saat ini ditemui dalam smartphone flagship, seperti Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6 diketahui menggunakan teknologi kapasitif untuk membaca ujung jari pengguna. Teknologi tersebut nyatanya memiliki kelemahan karena mudah di hack oleh orang lain dan juga tak responsif saat jari dalam keadaan basah.
Saat ini, Qualcomm tengah mengembangkan sebuah teknologi sensor sidik jari ultrasonik yang menggunakan lapisan piezoelektrik. Lapisan piezoeletric yang menciptakan gelombang ultrasonik tak hanya akan mendeteksi jari, namun juga meningkatkan resolusi sehingga membuatnya kebih aman.


Kamera Cerdas Buatan
Kamera yang juga masih buatan Qualcomm ini diklaim mampu akurat mendeteksi jenis gambar yang diambil. Pemaparan dari gambar tersebut akan ditampilkan dalam foto, kamera cerdas tersebut juga mampu mengetahui perbedaan antara benda-benda yang dijepret menggunakan kamera cerdas tersebut.
Sistem pada kamera cerdas tersebut bekerja dengan membandingkan objek untuk database referensi yang tersimpan pada perangkat. Database tersebut juga akan melatih perangkat lunak untuk memahami berbagai objek lainnya.

Teknologi NFC untuk Apple
Teknologi NFC yang pada awalnya terdapat di perangkat Android akan hadir di seri iPhone terbaru. Developer dari teknologi NFC, yakni NXP Semiconductor, telah berancang-anacang untuk membawa teknologi NFC untuk Apple.
Sebagai contoh, Apple Pay yang terdapat pada perangkat Apple Watch sudah mengadopsi teknologi NFC. Ke depannya, teknologi NFC diharapkan akan tiba untuk iPhone.

Kamera Pendeteksi Tulisan Tangan
Kamera smartphone yang mampu mendeteksi tulisan tangan ini juga dikembangkan oleh Qualcomm. Tulisan tangan yang difoto dengan kamera tersebut akan otomatis berubah menjadi pesan teks.
Kamera yang mampu mendeteksi tulisan tangan diklaim bagus bagi pelajar maupun pekerja yang ingin catatan dalam tulisan tangan berubah menjadi format dokumen dalam komputer.

Layanan Darurat Chat Peer to Peer
Saat terjadi bencana alam, jaringan komunikasi biasanya akan terputus, hal tersebut tentunya membuat proses komunikasi menjadi sulit untuk dilakukan. Sistem peer to peer memungkinkan penciptaan jaringan kecil yang membuat proses komunikasi melalui smartphone tetap dapat berjalan meskipun infrastruktur mobile utama mati.


Sumber : Okezone.com

Archive