Memperbaiki Sinyal Hilang dan IMEI Null ASUS Zenfone 4

Cara mengatasi error tidak ada sinyal & IMEI Null pada Zenfone 4 - Pernahkah sobat mendapat masalah dengan HH tidak bisa menangkap sinyal dan nomor IMEI hilang secara misterius? Kejadian semacam ini kerap kali terjadi pada smartphone user, tidak terkecuali user Zenfone. Maka dari itu kali ini saya akan post tutorial untuk mengembalikan HH sobat agar sehat kembali. Nah untuk screenshot dari kerusakan ini seperti dibawah ini :
memperbaiki IMEI Zenfone 4 hilang
IMEI ASUS Zenfone 4 hilang

IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Apa tuh gan? Bahasa inggris ane engga mudeng :D Intinnya IMEI ini merupakan nomor seri atau kode yang dimiliki setiap perangkat ponsel, dalam kasus ini adalah android.

Terus kenapa IMEI dan sinyal saya kok tiba-tiba hilang? Perlu sobat ketahui, hal yang menyebabkan error ini terjadi baik itu bisa dari sisi kerusakan hardware maupun software dari smartphone tersebut. Apabila yang terjadi pada kerusakan software biasanya karena partisi mmcblk0p3 corrupt.

1. Persiapan Sebelum Eksekusi

Sebelum kita eksekusi, ada beberapa hal yang mesti sobat penuhi. Berikut dibawah ini adalah syarat yang harus sobat penuhi :

  • HH sudah ROOTED. Yang belum tidak perlu kawatir. Silahkan sobat baca Cara root Zenfone 2,4,5,6 Kitkat+Lollipop
  • Check posisi atau versi firmware pada Zenfone sobat. Untuk melihatnya, buka Setting -> About -> Software Information. Lihat gambar dibawah ini :
Cek Firmware Zenfone 4
Cara Cek Firmware Zenfone 4
  • Selanjutnya adalah aplikasi Terminal Emulator. Download via PlayStore
  • File mmcblk0p3.img yang sesuai dengan versi firmware sobat. Link download ada dibawah post.

    2. Mengatasi Sinyal Hilang dan IMEI Null Zenfone 4

    Baik, saya anggap semua sudah sobat penuhi. Sekarang kita merapat untuk trik memperbaiki IMEI yang hilang pada ASUS Zenfone 4 step by step :

    • Copy file mmcblk0p3.img yang sudah di download tadi ke memory internal, dan jangan taruh di dalam folder.
    • Buka aplikasi terminal emulator yang sudah sobat install pada persiapan sebelumnya. Ketikan perintah linux dibawah ini :

    su - tekan enter
    dd if=/sdcard/mmcblk0p3.img of=/dev/block/mmcblk0p3 - tekan enter

    • Perintah diatas akan meminta hak akses, jadi nanti akan muncul pop up dari supersu untuk konfirmasi permission. Pilih grant untuk mengijinkan akses root. Jika berhasil maka tanda $ pada hostname akan berubah menjadi # disertai root pada awal line. Agar lebih jelasnya, silahkan sobat lihat pada screenshot dibawah ini :
    Memperbaiki Sinyal Hilang dan IMEI Null ASUS Zenfone 4
    Langkah-langkah pada terminal emulator
    • Done. Sekarang restart ASUS Zenfone 4.

    Coba cek IMEI lagi, jika benar maka HH sobat sudah sehat seperti sediakala.

    PENTING!!
    Jangan sampai menggunakan versi mmcblk0p3.img yang berbeda dengan versi firmware sobat. Kesalahan tersebut akan menyebabkan droidboot hilang. DWYOR

    Saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan tentang tutorial dan cara mudah Memperbaiki Error Sinyal Hilang dan IMEI Null ASUS pada ASUS Zenfone 4. Semoga sobat menikmati saat membaca artikel yang saya post seperti saya menikmati saat menulisnya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini agar terus menulis artikel menarik seputar dunia teknologi khususnya smartphone android. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat. Credit : X AnwarMov jr


    Download mmcblk0p3.img

    Archive