Cara Remote Komputer Menggunakan Android

Tutorial mengakses PC dari jarak jauh dengan hp android - Mungkin sobat pernah berfikir tentang bagaimana cara meremote atau menggunakan komputer lewat android, maka pas sekali jika sobat mencoba tips yang satu ini. Ya, yang akan saya share ini tentang trik melakukan remote desktop PC menggunakan android device yang kita miliki. Jadi kita bisa dengan mudah mengontrol PC hanya dengan tap, geser pada layar hp android sobat. Sebenarnya banyak cara dan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukannya, namun saya akan bahas satu saja.

Tanpa panjang lebar, saya berikan screenshot hasil remote dari ASUS Zenfone 5 ke Ubuntu 14.04 LTS yang ada dikamar pribadi :
Cara Remote Komputer Dengan Android
Remote Komputer Dengan Android Sukses
Bahan yang harus sobat siapkan untuk mengendalikan komputer dari android :
  1. Koneksi internet
  2. PC/Komputer/Laptop
  3. Android
  4. TeamViewer
Sebelum kita bahas lebih lanjut, saya akan jelaskan terlebih dahulu. Saya kutip dari web resmi TeamViewer. TeamViewer adalah Solusi All-In-One untuk dukungan dan akses jarak jauh melalui internet. TeamViewer terkoneksi ke PC atau server mana saja di seluruh dunia hanya dalam beberapa detik. Anda dapat mengontrol PC mitra Anda dari jarak jauh, seolah-olah Anda sedang duduk tepat di depannya.

Setelah penjelasan diatas, kita langsung saja untuk cara remote komputer menggunakan ponsel android. Saya anggap semua bahan yang tertulis diatas sudah sobat punya semua. Jika belum bisa download pada akhir post ini.

  • Pastikan kedua perangkat yakni omputer dan android terkoneksi dengan internet 
  • Download dan install TeamViewer pada komputer sobat. Pilih dan sesuaikan dengan operating system yang digunakan. Untuk sobat yang menggunakan Linux, sebelumnya harus intall dependency package-libjpeg62 dulu. Bisa gunakan synaptic package manager untuk menginstallnya. 
  • Download dan install juga TeamViewer pada android sobat 
  • Buka aplikasi TeamViewer yang sudah terintall pada PC
  • Pada komputer sobat akan menemukan ID dan password. Catat kedua nomoer tersebut
Cara mengontrol komputer dari jarak jauh menggunakan android
ID dan Password TeamViewer
  • Kembali pada android, buka TeamViewer yang sudah di install. Masukan ID pada step sebelumnya kemudian koneksikan. 
  • Jika sukses maka akan ada window untuk memasukan password. Masukan password pada langkah sebelumnya 
  • Dan tara...!! Sekarang komputer sobat sudah dapat dikontrol dengan android

Saya kira itu saja yang bisa saya tulis tentang cara mudah remote desktop untuk mengakses komputer dari jarak jauh menggunakan ponsel android. Semoga sobat menikmati saat membaca artikel yang saya post seperti saya menikmati saat menulisnya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feefback untuk support blog ini agar terus menulis artikel tentang seputar dunia teknologi khususnya smartphone android. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Archive