Definisi Komputer Secara Umum

Definisi Komputer Secara Umum – Tak dapat dipungkiri memang, komputer sekarang ini telah banyak memberi kontribusi terhadap kegiatan kita sehari-hari. Entah itu soal pendidikan, pekerjaan, keperluan organisasi dan bahkan sebagai media hiburan. Komputer menjadi alat untuk mempermudah aktivitas dalam keseharian kita.

definisi dari Komputer

Namun demikian, ternyata tidak banyak yang mengetahui dan paham tentang apa itu “komputer”. Dalam artian hanya dapat menggunakan tetapi tidak dapat menjelaskan definisi alat yang sedang dipakai.

Kata “komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “computare”, sedangkan untuk bahasa inggris disebut “to compute”. Kata tersebut memiliki makna yang artinya menghitung. Secara definisi komputer adalah sebuah alat yang merupakan gabungan dari beberapa komponen yang saling bekerjasama, bertukar data dan informasi serta yang lainnya dengan cara kerja di bawah kendali program yang tersimpan dalam memori.

Dari definisi komputer secara umum didapat beberapa pengertian sebagai berikut, yang menjelaskan komputer adalah:
Alat elektronik

  • Dapat mengolah data-data dan informasi
  • Memberikan informasi detail
  • Dapat melakukan perhitungan matematika secara benar
  • Dapat menerima input data dari perangkat input
  • Menggunakan program yang tersimpan dalam komputer
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data
  • Dalam kinerjanya, bekerja secara otomatis

Di awal tadi juga dijelaskan bahwa komputer merupakan gabungan dari beberapa komponen. Nah, beberapa komponen tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu hardware dan software. Dalam pengertiannya, hardware (perangkat keras komputer) adalah alat komputer yang merupakan peralatan fisik. Peralatan fisik di sini diartikan dapat dilihat, dapat dipegang, serta dapat dipindahkan.

Sedangkan software komputer, memiliki pengertian yaitu alat dalam komputer yang tidak terlihat atau hanya sebuah program dalam sistem komputer. Software dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai perangkat lunak. Secara istilah, software berarti prosedur pengoperasian suatu komputer.

Nah, kedua hal di atas lah yang membentuk komputer secara utuh. Pada dasarnya, komputer hanya sebuah alat yang dimanfaatkan oleh manusia untuk mempermudah proses pekerjaan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan kepada anda para pembaca setia. Semoga dengan artikel definisi komputer di atas dapat menambah wawasan anda. (Baca juga tentang: Nano Komputer)

Archive