Pengertian Hardware Komputer dan Kegunaannya

Hardware merupakan perangkat komputer yang alatnya dapat dilihat dan diraba. Hardware komputer memiliki peran penting untuk menunjang komputerisasi. Beberapa komponen utama terdapat dalam sektor hardware komputer.

Untuk itu tidak heran apabila di pasaran toko komputer online kerap membanderol perangkat keras komputer atau hardware dengan harga yang tidak murah. Dalam hal ini, hardware komputer merupakan perangkat penting dalam sebuah komputer.

Hardware komputer memiliki sistem yang berbeda-beda. Sistem tersebut terbagi dalam 3 bagian, yaitu unit masukan (input device), unit pemrosesan (processing device), dan unit luar (output device). Pada ulasan kali ini akan kita bahas bersama-sama mengenai tiga hal tadi.

Hardware Komputer dan Kegunaannya

Tak lain adalah untuk menambah wawasan pembaca mengenai hardware komputer dan kegunaannya. Langsung saja, tak usah berlama-lama ini dia pengertian hardware komputer dan kegunaannya:

PengertianHardware

Hardware adalah perangkat keras komputer yang berfungsi secara bersamaan satu sama lain untuk menunjang proses komputer (komputerisasi) agar dapat berjalan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan program aplikasi, perhitungan dan sebagainya.

Hardware terbagi dalam 3 bagian, yaitu input device, processing device dan output device. Berikut ulasannya.

Input Device – Berfungsi sebagai media penyalur data dari luar ke dalam perangkat komputer untuk diolah di pemroses data yang kemudian muncul beberapa perintah dari pengguna. Semisal, pengguna tentu tak asing lagi dengan perangkat mouse dan keyboard, nah kedua alat tersebut sebagai input device karena untuk memasukkan data dari luar dalam keperluan tertentu sesuai perintah yang telah diajukan melalui media tersebut.

Processing Device – Sebagai sarana pemroses data-data dari luar untuk diteruskan ke perangkat output. Contoh perangkat pemroses data ini antara lain: Power Supply, Motherboard,  Prosesor dan sebagainya.

Output Device – Untuk menampilkan perintah dari pengguna dari perangkat masukan dan pemroses.

Output device dapat berupa tampilan visualisasi seperti gambar dan teks ataupun video. Contoh perangkat output adalah monitor, speaker, printer,

Nah, di atas merupakan tiga hal utama pembagian hardware komputer. Tidak hanya itu, ada juga bagian-bagian lain seperti backing storage (unit penyimpan data) dan peripheral (unit tambahan). Sementara anda ketahui dulu tiga hal di atas karena memang merupakan landasan utama hardware komputer.

Demikian yang dapat penulis sampaikan kepada anda, semoga dapat menambah wacana mengenai pengertian hardware komputer. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya. (Baca juga tentang: Tentang Warung Komputer)

Archive